Hallooo anglers!! Ketemu lagi deh di blog ini.. Mumpung lagi ada sedikit waktu maka saya mau membagikan sedikit tips untuk mengatasi mabuk laut.

Untuk sebagian pemancing laut pasti pernah mengalami kejadian mabuk laut, apa lagi yang baru pertama kali ke laut. Tapi ada juga yang baru pertama tapi fine2 ajah.

Sebetulnya apa sih sebab mabuk laut? Nih saya jabarin.. Mabuk laut itu kondisi dimana kepala kita terasa pusing yang akhirnya menyebabkan rasa eneg dan akhirnya muntah2. Kenapa bisa begitu?? Penjelasan ilmiah yang saya dapat adalah ; mabuk laut itu terjadi karena masuk angin.

angler mabuk laut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

jangan sampe seperti ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masuk angin itu terjadi karena turunnya suhu tubuh kita (menjadi dingin) karena terpaan angin laut,  sehingga menyebabkan tubuh kita kehilangan panas secara drastis dan syaraf – syaraf tubuh kita mendadak jadi “error” karena adanya perubahan suhu yang mendadak itu.

Nah akhirnya karena syaraf yang “error” tadi makanya tubuh kita juga jadi “error” (pusing, kesemutan, muntah).

Jadi, simple kan caranya? Jaga suhu tubuh kita agar tetap hangat.

1. Makan NASI dulu sebelum trip.

Dengan kondisi maag terisi nasi maka tubuh kita pasti mengalami pembakaran, suhu jadi tubuh kita tetap hangat.

kalo saya sendiri sarapan harus nasi, ngak bisa roti apalagi indomie (menyebabkan naik asam lambung)

2. Pake baju rangkap + jaket tebal.

Sudah jelas untuk menjaga tubuh kita tetap hangat. Saya sendiri pakai 3 rangkap. Kaos tangan pendek, sweater tangan panjang + vest tebal :D

3. Jangan makan / minum yang memicu asam lambung.

contoh: softdrink, kopi, dll

4. Jangan sampai perut keroncongan di perahu.

Jadi bawalah stok makanan selagi trip, jangan sampe kekurangan makan :D

5. Jangan banyak nunduk di kapal.

Dijamin kepala anda pusing 7 keliling :D

Yah… kira2 segini aja tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya sendiri, semoga berguna juga buat teman2 terutama yang pemula mancing kyk saya.

Salam STRIKE!!!!!

