Halo sobat anglers!! Ketemu lagi di blog mincing bareng RioVinh, kali ini  saya mau membahas trip mancing saya di pulau Ayer (kepulauan seribu) 12 -13 Oktober kemarin. Trip ini berawal dari keinginan saya untuk bisa mancing ke laut karena selama beberapa bulan ini saya kebanyakan casting di kolam2 freshwater, tapi karena beberapa pekan ini sering kali cuaca jelek apalagi cuaca jelek tersebut selalu jatuh disaat saya tidak kerja alias sabtu – minggu.

Akhirnya saya memutar otak bagaimana agar tetap bisa mancing di laut dengan aman, munculah ide untuk trip ke Pulau Ayer, salah satu pulau yang berisi cottage kelas bintang lima (floating cottage) di kepulauan seribu yang dibuka untuk wisatawan.

Singkat cerita, saya berangkat bersama teman  hasil racun yang saya tebar, Farouk, B & B (Brian & Brian), dan Adam,  dan tidak lupa mengajak kekasih tercinta & orang tua saya hehehe…

Jam 9 kami berangkat dengan menggunakan speed boat dari marina ancol. Setelah sampai jam 10 pagi kami pun bergegas masuk ke cottage masing2 dan segera setting tackle untuk casting, kondisi air saat itu sangat jernih dan angin pun bertiup sangat smooth. Tak menunggu lama sayapun bergegas ke teras cottage dan langsung melempar umpan minnow ke hamparan karang yang terlihat jelas dari teras cottage.

1x retrieve, 2x retrieve.. tiba2 sebuah hentakan terjadi dan saya segera menggentak joran. FISH ON!!! Setelah beberapa saat seekor kerapu cantik berhasil landed. Mantap sekali! Karena posisi cottage di atas air sangat memudahkan saya untuk casting. Sekitar 10 ekor kerapu berhasil landed dengan teknik casting, dan setelah jam 12 siang sambaran pun sepi.

Casting Kerapu

Strike Perdana

Casting Kerapu Pulau Ayer

Lady Angler Strike Kerapu

Malampun tiba, tibalah saatnya untuk casting cumi cumi, saat yang saya tunggu2 karena saya sangat suka sekali makan cumi2 heheheheh…  Tak menunggu lama, saya, Farouk dan Brian serta lady angler berhasil mendaratkan cumi2  dengan ukuran sekitar 7cm. Total pendapatan kami pada malam itu sekitar 40 ekor, sampai bisa di bagi 5 orang😀

20131012_202341

Strike Cumi – Cumi

Casting Cumi Pulau Ayer

Lady Angler Beraksi Lagi

Cumi Pulau Ayer

Jatah Saya

Acara casting dilanjutkan keesokan harinya karena sudah semakin malam dan masing2 dari kami sudah merasa ngantuk. Dengan bantuan lady angler yang membangunkan saya, akhirnya saya berhasil bangun jam 5 pagi. Kondisi saat itu masih gelap, dengan tubuh yang masih lemas, mata yang masih merem melek saya pun memaksa diri untuk bergegas ke teras cottage dan kembali menyambit minnow. Dengan ngasal saya melempar minnow karena memang saat itu masih benar2 gelap sehingga sangat sulit untuk menargetkan lemparan.

1x retrieve, 2x retrieve, 3xretrieve…  sebuah sambaran sangat kuat terjadi!! Sontak joran expert eurynome 16lbs saya melengkung dahsayat diiringi jeritan reel Abu Garcia SX 40 yang cukup panjang. Ikan melawan sangat kuat berlari ke kanan dan kiri membuat saya juga kaget dan kewalahan karena kondisi fisik yang masih lemas karena bangun tidur hanya sempat meneguk segelas air putih hahaha….  Lady angler pun ikut terpana melihat perlawanan ikan yang cukup hebat sehingga membuat drag reel terus berputar. Setelah 15 menit fight, mocel pun terjadi.. HUFFFTTT!! Makin lemas rasanya bercampur kecewa belum sempat tertebak ikan apa gerangan yang membuat jantung saya berdebar kencang, tapi saya tidak mau menuggu lama. Cast ke 2 pun saya lakukan. Tidak menunggu lama, sambaran cukup kuat pun terjadi lagi. Kali ini saya tidak mau memberi ampun, dengan fight semangat 45 dan doa dalam hati😀  akhirnya seekor ikan kerapu cukup besar dan gemuk berhasil landed.

Kerapu Besar Pulau Ayer

Strike! Big Grouper on Casting

Setelah itu sambaran terus terjadi, hanya saja ukuran ikan tidak besar dan banyak pula yang mocel.

Hari semakin siang, saya dan teman2 pun bergegas untuk beres2 dan pulang kembali ke dermaga ancol.

The Anglers

Pulau Ayer

Jembatan Cottage

Pulau Ayer Resort

Cottage Saya Menginap

cerita trip mancing saya kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi & menghibur sobat semua. Salam SSSTTTRRIIKKKEEE!!!!