Helo sobat anglers! Dalam post kali ini saya mau berbagi sedikit tips untuk teman – teman yang baru mau belajar mancing atau baru mau menggeluti hobby mancing.

Beberapa kali saya mendapatkan teman yang baru pertama kali mencoba mancing, baik itu yang datang ke saya sendiri atau teman hasil racun hahaha… Ada yang langsung berkata “ingin langsung dapet ikan”, ada juga yang “boncos gapapa, mau tau tantangan memancing”.

Keaneka ragaman motivasi teman2 saya ini yang akhirnya membuahkan pengalaman bagi saya. Ada yang berhasil membuahkan angler baru, ada juga yang gagal sampe membuat teman saya itu kapok mancing😀.

Nah cukup deh basa – basi nya, saya mau membagikan beberapa tips buat teman2 yang baru mau mencoba mancing, supaya berhasil dan mudah2an bisa ikut menggeluti hobby baru ini yang positif.

1. Membeli 1 Set Tackle / Pancingan

Belilah set tackle yang ringan2 dulu atau biasa disebut “light tackle” . Panjang rod 165 – 180cm dengan reel 2500. Jangan membeli langsung yang berat dengan alasan supaya bisa dipake dimana – mana (laut & empang). Percaya deh! gak ada alat pancing untuk all spot, kalaupun dipaksakan bisa pasti tidak nyaman.  Untuk jelasnya bisa kunjungi halaman ini.

2. Memilih Spot Mancing
Saya sarankan untuk memancing di kolam dulu, yang paling direkomendasikan adalah kolam kiloan spesies bawal dan kolam C&R yang galak ikan nya.Hal ini dilakukan untuk menghindari “BONCOS” yang bisa bikin kecewa para pemancing pemula.

Hindari spot2 wild, karena belum terjamin strike nya, dan jangan pernah ke laut sebelum siap fisik, mental, dan cuma modal nekat, karena sangat banyak pengalaman saya mengajak orang yang baru pertama kali mancing di laut akhirnya mabuk + Muntah2. Bukan nya senang malah sakit.

3. Banyak Lihat Youtube

Sebelum perdana mancing, ada baiknya liat youtube dulu. Cari video tentang mancing, jadi minimal tau caranya bagaimana, terutama cara pompa joran pada saat fight. Dan jangan pernah keracunan liat video2 mancing mania, karena untuk mendapatkan ikan besar tidak semudah di video😀.

 

Sekian tips ringan yang bisa saya bagikan, sorry dorry morry kalau ada kesalahan, karena saya bukan fishing master ataupun fisherman, Saya cuma ordinary angler😉

Selamat mencoba dan salam SSSTTTRRRIIIKKKKEEEEE!!!