Halooo sobat anglers! Kali ini saya kembali membuat review fishing tackle berupa reel spinning keluaran Abu Garcia. Abu Garcia SX 40.

Berawal dari keinginan untuk membeli reel dengan ukuran tanggung untuk casting di laut atau di kolam akhirnya saya putuskan untuk membeli rell ini.

Yup! lagi2 bukan saya promosi. Sekilas waktu di toko pancing kelihatan reel sangat kekar dan handlenya pun sudah murni power handle, dan setelah saya coba putar2 ternyata smooth sekali rasanya, mungkin karena teknologi yang tinggi yang di lengkapi dengan 9 buah ball bearing. Belum lagi kalau kita membahas drag, kanvas dragnya sudah carbon sehingga max drag bisa mencapai 9kg!! Dan…. ternyata dikasi spare spool alias dapet 2 spoolnya.. Saya semakin tertarik untuk membeli.

Akhirnya reel tsb saya tebus dengan harga yang gak begitu mahal, hanya 800 ribuan, termasuk murah untuk kelas reel berteknologi tinggi dan double spool.

Menurut saya sih reel ini bisa banget dipakai di laut untuk target ikan 5kg an lebih, tapi saat ini baru saya tes 1 kali di kolam freshwater buat ngangkat bawal 2kg up dengan menggunakan PE 1.5, rasanya MANTABB!!! benar2 lembut dan rigid alias gak ada otek atau wooble baik di handle maupun di bail arm.

Minus dari reel ini hanya 1, yaitu pada knob handle yang berukuran kecil. Tenang… hal ini mudah di atasi, beli knop power handle yang cocok dan bawa ke bengkel bubut atau toko pancing yang melayani ganti knob handle reel. Beresss deh!!

Mudah – mudahan artikel saya ini bisa jadi referensi sobat yang lagi galau milih reel 😀

Salam STRIKEEE!!

Mohon maaf untuk foto saya ambil sementara dari google, foto aslinya menyusul.

Abu Garcia Orra SX 40

Abu Garcia Orra SX 40

Spesifikasi :

  • 8 stainless steel HPCRâ„¢ bearings + 1 roller bearing provides increased corrosion protection
  • One piece gear box design allows for more precise gear alignment for smoother operation
  • Machined aluminum braid ready spool allows braid to be tied directly to the spool without any slip
  • Carbon Matrixâ„¢ drag system provides smooth, consistent drag pressure across the entire drag range
  • Slow oscillation provides even line lay with all types of line
  • X-Cräfticâ„¢ alloy frame for increased corrosion resistance
  • Duragearâ„¢ brass gear for extended gear life
  • Everlastâ„¢ bail system for improved durability
  • Stainless steel main shaft and components for improved corrosion resistance
  • Aluminum spare monofilament spool
  • Rotor brake design to stop early bail closure